in ,

4 Cara Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi, World Mental Health Day !

2. Meluangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Meluangkan Waktu Sendiri
Meluangkan Waktu Sendiri

Di tengah kesibukan dan rutinitas, me time kerap menjadi sebuah kemewahan untuk sebagian orang. Me time atau meluangkan waktu sejenak untuk diri sendiri penting untuk kesehatan dan kesejahteraan mental seseorang.

Ada berbagai manfaat me time, seperti memberi kesempatan otak untuk beristirahat, mengurangi stres, meningkatkan konsentrasi dan produktivitas karena pikiran menjadi lebih jernih, dan mengenal diri sendiri. Selain itu, me time juga dapat meningkatkan kualitas hubungan dengan orang sekitar.

Caranya, siapkan waktu luang khusus, matikan ponsel selama beberapa saat untuk fokus pada diri sendiri, meditasi, dan lakukan kegiatan favorit Anda atau sesi memanjakan diri sendiri.

3. Menjaga Komunikasi dengan Kerabat

Komunikasi dengan Kerabat
Komunikasi dengan Kerabat

Meskipun dipisahkan jarak yang jauh, Anda tetap bisa berkomunikasi melalui telepon suara atau video. Mengobrol dengan orang terdekat dan tersayang dapat membantu menjaga kesehatan mental selama masa pandemi.

Anda juga bisa berbagi cerita mengenai kekhawatiran dan kecemasan yang sedang dirasakan. Hal ini membantu tekanan yang Anda rasakan menjadi berkurang sehingga menjadi lebih tenang.

4. Bijak Memilih Informasi

Bijak Memilih Informasi
Bijak Memilih Informasi

Kini, sangatlah mudah bagi kita untuk mendapatkan berbagai informasi. Namun, membaca berita yang buruk memiliki dampak negatif bagi kesehatan mental. Perlu diingat bahwa Anda harus bijak dalam menerima informasi.

Baca juga : Agar Anak Tetap Sehat Selama Pandemi, Lakukan Langkah ini !

Halaman: 1 2 3

Rekomendasi