in

7 Potensi Peluang Usaha di Desa yang mendatangkan keuntungan

usaha di desa
7 Potensi Peluang Usaha di Desa yang mendatangkan keuntungan

FREEDAY – Kali ini kami akan membahas tentang peluang usaha di desa. Mari simak bersama-sama!

Terbatasnya lapangan pekerjaan yang tersedia dan padatnya jumlah penduduk di kota membuat sebagian masyarakat Indonesia memilih untuk memulai usaha di desa.

Pemikiran ini perlu didukung penuh mengingat banyaknya peluang usaha di desa yang menarik dan potensial untuk digeluti.

Berikut 7 peluang usaha di desa yang dapat dapat menjadi referensi Anda:

1. Budi daya pertanian organik

Semakin tingginya kesadaran masyarakat akan pola hidup sehat membuat produk pertanian organik kini semakin banyak diminati. Ini membuat peluang usaha budi daya pertanian organik semakin menarik untuk dilakukan. Anda dapat membentuk kelompok tani yang terdiri dari beberapa orang dan memulai mengolah lahan pertanian anda. Produk pertanian tentunya tidak hanya dapat dipasarkan di pasar-pasar desa saja melainkan juga dapat didistribusikan ke daerah lainnya.

2. Membangun usaha peternakan

Sektor usaha yang bergerak dibidang peternakan memang memiliki peluang yang besar jika dilakukan di dearah pedesaan. Bagaimana tidak, banyaknya lahan yang tersedia membuat usaha ini semakin mudah untuk dilakukan. Ditambah lagi sumber pakan hewan yang banyak tersedia secara alami sehingga dapat meminimalisir biaya produksi.

3. Penyewaan alat dan penjualan produk pertanian

Banyaknya penduduk desa yang berprofesi sebagai petani membuat ide usaha ini memiliki peluang yang cukup besar untuk berkembang di daerah pedesaan. Anda juga dapat membangun usaha penjualan produk pertanian ini dalam bentuk koperasi simpan pinjam yang beranggotakan para petani di desa anda. Selain mendapatkan pendapatan, anda juga bisa mengambil peran dalam membantu masyarakat di desa anda.

Halaman: 1 2

Rekomendasi