in , ,

Apa yang dimaksud Distosia dan Penyebab Persalinan Tidak Lancar ?

distosia
Apa yang dimaksud Distosia dan Penyebab Persalinan Tidak Lancar ?

FREDAY, Structures Annuity Settlement – Banyak istilah medis dan tekhnis yang orang awam belum tentu faham akan makna sebenarnya. Untuk itu admin berusaha menulis kembali artikel tentang distosia ini.

Menjelang waktu persalinan, para ibu hamil mempersiapkan segala sesuatu agar prosesnya bisa berjalan lancar. Namun, ada beberapa kondisi medis yang membuat persalinan terhambat sehingga sulit melahirkan.

Hal ini bahkan bisa dialami berbagai usia, termasuk mereka yang sudah pernah menjalani persalinan sebelumnya. Menurut Dr dr Suskhan Djusad, SpOG (K), Kepala Departemen Obstetri dan Ginekologi RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo, kondisi sulitnya persalinan atau melahirkan adalah distosia.

“Jika seorang ibu mengalami distosia, waktu persalinannya akan panjang dan bahkan, ada yang tidak mengalami kemajuan sama sekali,” jelas dr Suskhan, dikutip dari HaiBunda.

Baca juga : Gejala Sering Sakit Pinggang ? Waspadai Penyakit Ginjal !

Ada tiga penyebab ibu hamil mengalami distosia dan penanganannya.

1. Power (tenaga)

Power adalah tenaga ibu mendorong bayi keluar. Tenaga ibu yang lemah dapat menyebabkan proses persalinan menjadi tidak lancar.

“Jika tenaga ibu kuat, maka persalinan lancar. Sebaliknya, jika tenaga ibu tidak ada, maka akan sulit melahirkan,” kata dr Suskhan.

2. Passage (jalan lahir)

Halaman: 1 2 3

Rekomendasi