in

AS Sebut China Bangun Pangkalan Militer, RI Diminta Hati-hati

militer cina
AS Sebut China Bangun Pangkalan Militer, RI Diminta Hati-hati

Jakarta, FREEDAY – Dunia baru-baru ini dihebohkan oleh laporan dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) yang di dalamnya menyebutkan bahwa China kemungkinan sedang berupaya

Menanggapi hal itu, Guru Besar Hukum Internasional UI Hikmahanto Juwana mengatakan bahwa Indonesia harus waspada.

Bagi Indonesia yang merupakan salah satu negara yang disebut harus waspada dengan penyebutan ini. Hal ini mengingat Indonesia memiliki kebijakan luar negeri yang bebas aktif,” katanya dalam pernyataan kepada CNBC Indonesia, Jumat (4/9/2020).

“Indonesia tidak seharusnya menyediakan wilayah kedaulatannya untuk apapun penempatan tentara asing dari manapun. Ketergantungan ekonomi Indonesia ke suatu negara tidak boleh menggoyahkan politik luar negeri bebas aktif dan kokohnya kedaulatan Indonesia.”

Namun demikian, ia juga mengatakan bahwa Indonesia juga harus berhati-hati dalam menyikapi laporan Pentagon mengingat pada saat ini AS sedang membutuhkan legitimasi dari banyak negara untuk berhadapan dengan militer China di Laut China Selatan.

“Indonesia tidak seharusnya terjebak untuk mendukung AS dalam rivalitasnya dengan China,” tegasnya.

“Ada kemungkinan penyebutan Indonesia dalam laporan tersebut agar Indonesia menaruh curiga yang berlebihan terhadap China. Ini dilakukan karena AS memiliki pengamatan Indonesia terlalu dekat bahkan memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap China.”

Lebih lanjut, Hikmahanto juga mengatakan bahwa Indonesia perlu menjaga jarak antar negara besar yang berseteru dengan kebijakan luar negeri yang bebas aktif.

“Bila pengambil kebijakan berat sebelah ke salah satu negara maka rakyat akan menilai dan mereka akan memastikan untuk tidak memilih partainya dalam pemilu mendatang,” katanya.

Sebelumnya dalam laporan tahunan dari Departemen Pertahanan ke Kongres, yang berjudul “Perkembangan Militer dan Keamanan yang Melibatkan Republik Rakyat China 2020”, AS menyebut China menargetkan sejumlah negara di dunia sebagai tempat membangun pangkalan militer.

Halaman: 1 2

Rekomendasi