in

Ayat Tentang Tahun Baru Islam, Ucapan dan Contoh Pidatonya

Tahun Baru Islam

FREEDAY – Bulan Muharram, menjadi satu dari empat bulan dalam kalender hijriah yang memiliki keistimewaan. Keistimewaan bulan Muharram, bulan pertama dalam Tahun Baru Islam itu disebutkan dalam firman Allah SWT di Al Quran surat At Taubah ayat 36:

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Latin: inna ‘iddatasy-syuhụri ‘indallāhiṡnā ‘asyara syahran fī kitābillāhi yauma khalaqas-samāwāti wal-arḍa min-hā arba’atun ḥurum, żālikad-dīnul-qayyimu fa lā taẓlimụ fīhinna anfusakum wa qātilul-musyrikīna kāffatang kamā yuqātilụnakum kāffah, wa’lamū annallāha ma’al-muttaqīn

Artinya: “Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah itu ada dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa.”

Tahun baru Islam 1442 hijriah jatuh pada Kamis, 20 Agustus 2020. Berikut ini fakta-faktatahun baru Islam:

  1. Sejarah Singkat Tahun Baru Islam

Dalam buku ‘Mengenal Nama Bulan dalam Kalender’ karya Ida Fitri Shohibah tahun baru Islam ditetapkan pada bulan Muharram. Kegiatan tahun baru Islam yang sunnah dilakukan adalah puasa Muharram (puasa Asyura). Puasa ini bahkan memiliki keistimewaan di sisi Allah setelah puasa Ramadhan.

Dalam hadits riwayat Muslim, dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah – Muharram. Sementara salat yang paling utama setelah salat wajib adalah salat malam.”

Selain itu, puasa Asyura juga menghapus dosa setahun yang lalu. Dalam hadits riwayat Muslim, dari Abu Qotadah Al Anshoriy ia berkata, “Rasulullah SAW ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah, beliau menjawab ‘Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.’ Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa Asyura, Beliau menjawab ‘Puasa Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.'”

  1. Ucapan Tahun Baru Islam

Agar saling mempererat tali silaturahmi di antara sesama Muslim, ada baiknya memberikan ucapan tahun baru Islam. Penyampaian ini bisa dilakukan melalui aplikasi WhatsApp mengingat adanya pandemi virus corona.

Berikut contoh ucapan tahun baru Islam 2020

Halaman: 1 2 3

Rekomendasi