in , ,

Berikut 5 TIPS dalam dalam menentukan PINJAMAN Kredit Tanpa Agunan!

JAKARTA – Dibandingkan dengan kondisi pada satu dekade lalu, saat ini mengajukan pinjaman bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa harus memenuhi sejumlah ketentuan yang berbelit-belit, terutama pinjaman online atau pinjaman KTA. Dahulu, setiap orang yang akan mengajukan pinjaman diharuskan untuk mengisi beragam formulir, survei hingga laporan keuangan yang akan diperiksa secara mendetail.

Tapi, jangan terlena dengan itu. Di balik kemudahan tersebut, ada resiko yang mengancam para penggunanya. Berbeda dengan berbagai produk KTA dari bank-bank ternama seperti KTA CIMB Niaga, BCA, Bank Mandiri atau lembaga keuangan lainnya, pada layanan pinjaman online Anda harus bisa memilah leasing mana yang layak untuk dipilih agar kegiatan berutang tersebut tidak memberikan dampak negatif yang besar.

Hal ini dikarenakan pinjaman yang diberikan bukan berasal dari sebuah lembaga perbankan, melainkan dari fintech P2P lending yang tentu saja memiliki risiko lebih tinggi. Meskipun sudah terdaftar di OJK Anda tetap harus memperhatikan beberapa hal. Nah, bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman secara online, ada beberapa tips yang bisa diikuti dalam memilih layanannya.

Baca juga : INFO KUR! BNI Beri Pinjaman KUR Hingga Rp 500 Juta, Apa Saja Syarat yang Harus Dipenuhi?

Simak 5 tips dalam mengajukan pinjaman online dan meminimalkan risikonya berikut ini:

1. Pilih yang Transparan

Risiko paling tinggi dalam melakukan pinjaman online berasal dari leasing atau penyedia layanannya. Oleh karena itu, tips pertama dalam mengajukan pinjaman online dan meminimalkan risikonya adalah hati-hati dalam memilih layanannya. Ada banyak hal yang perlu dipahami sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman di sebuah leasing atau fintech.

Beberapa di antaranya adalah apa saja syarat pengajuan pinjaman, tenor cicilan, beban bunga, serta jumlah tagihan yang harus dilunasi setiap bulannya. Bahkan, detil seperti sanksi telat membayar, denda, dan lain sebagainya harus benar-benar dipahami agar pinjaman tersebut tidak berdampak buruk di kemudian hari. Bila perlu, baca semua ketentuan dari kegiatan pinjaman tersebut dan dibuat copynya agar mengecilkan risikonya.

2. Perhatikan Persyaratan saat Pengajuan Pinjaman

Keunggulan utama dari mengajukan pinjaman secara online atau melalui fintech adalah persyaratannya yang mudah dan biasanya tanpa agunan. Nah, jika persyaratan di awalnya saja sudah sulit dan tidak jelas, mungkin ada baiknya Anda untuk memutuskan memilih jasa keuangan yang lain saja. Ketahui dulu semua persyaratan yang dibebankan oleh perusahaan pinjaman online tersebut.

Halaman: 1 2 3

Rekomendasi