in

Canggih! Prototipe Apple Macintosh Classic Bercasing Transparan

FREEDAYPrototipe Apple Macintosh Classic Bercasing Transparan. Macintosh Classic diluncurkan Apple di tahun 1990 sebagai opsi komputer rumahan dengan harga terjangkau. Kini, 30 tahun kemudian viral foto komputer jadul tersebut dengan casing transparan yang menarik.

Prototipe Apple Macintosh Classic Bercasing Transparan

Dalam tweet yang diposting oleh @DongleBookPro, ditampilkan empat foto Macintosh Classic yang diambil dari sisi dan angle berbeda. Pada sisi yang belakangnya terlihat jelas “jeroan” dari komputer Apple di masa awal kemuculannya.

Kita bisa melihat logo Apple lama dengan warna pelangi di bagian depan dengan teks bertuliskan “Made in Singapore”. Pada bagian belakangnya, selain menampilkan bagian dalam mesin, ada stiker oranye yang cukup besar.

Prototype Macintosh Classic
Clearshot pic.twitter.com/VzO4CnJ2GF— Dongle (@DongleBookPro) December 5, 2020


“Unit ini sesuai dengan aturan DHHS untuk standar kinerja pada tanggal pembuatan. Unit ini hanya untuk tujuan pengembangan. Tidak untuk dijual di Amerika Serikat,” demikian bunyi tulisan pada stiker oranye tersebut.

Secara keseluruhan, foto-foto tersebut memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana Apple menjejalkan bagian yang berbeda ke dalam casing kompak yang mencakup monitor CRT dan komponen hardware komputasi.

Dikutip dari Mashable, Macintosh Classic dirilis sebagai opsi komputer hemat anggaran dengan harga di bawah USD 1.000. Jika dibandingkan dengan masa sekarang, nilainya setara USD 2.000 atau sekitar Rp 28 juta, jadi tidak terbilang tidak terlalu murah juga untuk di masa itu. Meski demikia, perangkat ini dikenal sebagai komputer pertama Apple yang dijual dengan harga kurang dari USD 1.000.

Dengan harga itu, Macintosh Classic dibekali PC kombo desktop dan monitor lengkap yang menggunakan CPU Motorola 68000 8 MHz, RAM sebesar 1MB (dapat ditingkatkan menjadi 4MB), dan layar monokrom 9 inch. Mesin ini juga menyertakan drive floppy disk 1,44 inch, tetapi tidak ada hard drive internal.

sumber; inet.detik.com

Rekomendasi