in , ,

FANTASTIS! OJK temukan masyarakat yang pinjam uang dari 40 fintech dalam seminggu!

FANTASTIS! OJK temukan masyarakat yang pinjam uang dari 40 fintech dalam seminggu!
FANTASTIS! OJK temukan masyarakat yang pinjam uang dari 40 fintech dalam seminggu!

FREEDAY,  JAKARTA – Maraknya Praktik pinjaman online dari financial technology (fintech) ilegal masih menjadi masalah yang harus dihadapi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) saat ini. Pasalnya, OJK masih banyak menerima aduan dari masyarakat.

Namun ternyata, OJK kerap menemukan adanya kesalahan yang justru dilakukan oleh pengadu. Anggota Dewan Komisioner Bidang Perlindungan Konsumen OJK Tirta Segara mengatakan, pihaknya banyak menerima permintaan bantuan dari masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan pinjaman online dengan fintech.

Baca juga : PERHATIAN! Berikut 7 Tips Menghindari Pinjaman Online Ilegal

Ketika ditelusuri lebih lanjut, ternyata terdapat debitur yang melakukan banyak pinjaman dari berbagai fintech dalam waktu dekat.

Anda Butuh Dana Akhir Tahun? Jangan Pinjam ke Fintech Ilegal, hanya 152 yang Resmi!
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau masyarakat untuk selalu memanfaatkan layanan teknologi finansial atau fintech P2P lending yang legal jika membutuhkan sumber dana

Ia pun memberikan sebuah contoh kasus, dimana seorang debitur pinjaman online mengadu kepada OJK. Akan tetapi, setelah dilakukan pengecekan, debitur tersebut melakukan pinjaman dari 10 fintech yang berbeda.

“Bahkan kami menemukan seorang konsumen dalam seminggu meminjam lebih dari 40 fintech, dalam 1 minggu,” kata Tirta dalam sebuah diskusi virtual, Selasa (13/4/2021).

Baca juga : Modus Baru Pinjol Abal-abal: Tiba-tiba Ditransfer dan Ditagih dalam Jumlah Besar, Begini Cara Melaporkannya

Hal tersebut sangat disayangkan karena dinilai tidak bijaksana dalam melakukan pinjaman.

Menurut Tirta, contoh kasus itu juga mencerminkan sebuah pinjaman yang melebihi kemampuan bayar dari debitur itu sendiri.

“Bagi kelompok yang mencari peminjamaan, ini juga kurang berhati-hati. Kurang berpikir panjang,” ujar dia.

Halaman: 1 2

Rekomendasi