in ,

Gejala Sering Sakit Pinggang ? Waspadai Penyakit Ginjal !

ginjal
Gejala Sering Sakit Pinggang ? Waspadai Penyakit Ginjal !

FREEDAY, Jakarta – Keluhan sakit pinggang cukup sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Sakit pinggang dirasakan mulai di bawah tulang rusuk atau disebut di daerah lumbar. Rasa sakitnya bisa menjadi sangat kuat, sehingga mengganggu pengidapnya menjalani aktivitas sehari-hari. Penyebabnya pun beragam mulai dari kelelahan, kelebihan mengangkat beban, faktor hormon, dan terlalu lama duduk.

Namun, sakit pinggang juga dapat menjadi gejala penyakit ginjal. Dikutip dari Webdm, sakit pinggang dapat muncul akibat ginjal yang bermasalah karena organ tersebut berfungsi untuk menyaring limbah dan cairan dari aliran darah ini terletak di bawah tulang rusuk yang berada tepat di sebelah kanan perut. Hal itulah yang menyebabkan pinggang dapat sakit karena lokasinya yang berdekatan dengan ginjal.

Baca juga : Cegah Sejak Dini, 6 Kebiasaan Buruk yang Dapat Ganggu Kesehatan Tubuh !

Apa bedanya dengan sakit pinggang biasa?

Dikutip dari Healthline, ciri-ciri sakit pinggang gejala penyakit ginjal bisa dikenali dari lokasi nyeri, jenis nyeri, dan tingkat keparahan nyeri. Lokasi nyerinya berada di salah satu atau kedua sisi pinggang dekat panggul. Lebih tepatnya berada di kanan atau kiri tulang belakang, di antara bagian bawah tulang rusuk dan pinggul.

Perbedaan jenis nyeri sakit pinggang gejala penyakit ginjal dengan sakit pinggang pada umumnya adalah rasa sakit yang menetap. Sedangkan pada sakit pinggang yang marak dialami dapat diatasi dengan cara memperbanyak gerak. Pada orang dengan penyakit batu ginjal, rasa sakit akan semakin parah jika bergerak dan cenderung menjalan ke bagian tubuh lain seperti paha.

Baca juga : Agar Anak Tetap Sehat Selama Pandemi, Lakukan Langkah ini !

Jika anda mengalami sakit pinggang dan gejala penyakit ginjal lainnya seperti demam atau meriang sampai menggigil, mual dan muntah, urine berwarna keruh atau cokelat, sering kencing, buang air kecil terasa sakit, ada riwayat infeksi saluran kencing, ada darah dalam urine dan keluar batu kecil-kecil saat kencing, maka periksakan diri anda. Bisa jadi sakit pinggang yang Anda alami merupakan gejala penyakit ginjal. Sumber : (HDC)

Rekomendasi

kode redeem FF 06 Oktober 2020

Garena Official, Redeem Code FF ! Kode Redeem Free Fire Terkini 06 Oktober 2020, Gratis tanpa VPN {Server Indonesia} !

macam macam asuransi

8 Macam-Macam Asuransi yang Umum Ditawarkan, Beri Jaminan Kerugian