in , ,

Info Nasabah UMKM ! Ada Alternatif Subsidi Bunga NonKUR ! Begini Cara Daftarnya !

Info Nasabah UMKM ! Ada Alternatif Subsidi Bunga NonKUR ! Begini Cara Daftarnya !
Info Nasabah UMKM ! Ada Alternatif Subsidi Bunga NonKUR ! Begini Cara Daftarnya !

FREEDAY, JAKARTA – Dalam mengurangi dampak pandemi Covid-19 kepada sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pemerintah merilis berbagai insentif.

Insentif tersebut antara lain relaksasi penundaan angsuran pokok kredit usaha rakyat (KUR) selama 6 bulan dan penundaan kelengkapan dokumen administrasi selama pandemi.

Lalu, Banpres Produktif bagi belasan juta UMKM terdampak Covid-19 dengan pemberian modal bantuan senilai Rp2,4 juta yang ditutup pendaftarannya pada November 2020.

Baca juga : Berikut 5 Fakta Bansos Covid-19 Dikorupsi, Namun Tetap Diperpanjang Hingga 2021 !

Kemudian, program KUR dimodifikasi dengan tambahan subsidi bunga menjadi KUR super mikro dengan bunga 0 persen sampai 31 Desember 2020.

Tidak hanya untuk bunga KUR, keringanan ini juga diberikan untuk pembiayaan melalui perbankan maupun perusahaan pembiayaan lainnya di luar KUR.

Dilansir dari situs Kementerian Koperasi dan UMKM, dalam program pemulihan ekonomi nasional (PEN) insentif tersebut diberikan untuk kredit produktif yang berupa investasi atau modal kerja, selain KUR.

Apapun jenis kredit bisa dapat subsidi bunga non-KUR selama bisa dibuktikan bahwa kredit tersebut digunakan untuk investasi dan modal usaha.

Sementara, syarat penerima subsidi bunga atau margin program PEN sesuai PMK 65/2020 yaitu:

Baca juga : Cair Lagi ! BLT Subsidi Gaji, Total 11 Juta Pekerja Terima Rp1,2 Juta !

Halaman: 1 2 3

Rekomendasi