in ,

Jika Anak yang Terinfeksi COVID-19, Seperti ini Cara menanganinya !

corona pasa anak
Jika Anak yang Terinfeksi COVID-19, Seperti ini Cara menanganinya !

FREEDAY, Jakarta – Wabah pandemic yang telah menyebar ke seluruh penjuru dunia ini, hampir dipastikan tidak memilih sasaran yang akan diserang. Tidak hanya orang dewasa, namun sekarang tingkat indikasi serangan kepada anak juga semakin meningkat.

Lantas bagaimana jika anak terinfeksi dan seperti apa penanganannya?

Dokter spesialis Anak dari RSUD Jati Padang, dr Charles, MSc, SpA, mengatakan, pada dasarnya perawatan anak yang terinfeksi COVID-19 tidak jauh berbeda dengan orang dewasa.

Baca juga : Agar Anak Tetap Sehat Selama Pandemi, Lakukan Langkah ini !

“Untuk beberapa kasus yang ringan dan tanpa gejala memang bisa dilakukan isolasi mandiri dan pengobatannya hanya suportif pada anak-anak. Jadi tidak hampir berbeda dengan orang dewasa,” ujar dr Charles dalam siaran pers BNPB melalui kanal YouTube, Rabu (14/10/2020).

Meski begitu, dr Charles menjelaskan bahwa ada kesulitan tersendiri dalam penanganan anak yang harus isolasi mandiri di rumah sakit.

Baca juga : Mengapa Waktu Cepat Berlalu Saat Merasa Bahagia ?

“Anak-anak kan tidak seperti orang dewasa. Jadi dia perlu didampingi, apakah didampingi oleh keluarga terdekatnya yang negatif (COVID-19) atau yang positif juga itu kan jadi kesulitan juga,” jelasnya.

Namun, apabila isolasi mandiri dilakukan di rumah, dr Charles menegaskan protokol kesehatannya harus tetap dilaksanakan agar risiko penularan COVID-19 dari anak tidak terjadi. Sumber : (HDC)

Rekomendasi