in , ,

KASUS BANSOS ! Teten Diminta Usut Penyimpangan Bansos UMKM 2,4jt !

KASUS BANSOS ! Teten Diminta Usut Penyimpangan Bansos UMKM 2,4jt !
KASUS BANSOS ! Teten Diminta Usut Penyimpangan Bansos UMKM 2,4jt !

FREEDAY, JAKARTA — Ketua Dewan Pakar PAN Dradjad Wibowo mengaku  sangat kaget dan miris mendengar temuan Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan  S. Landjar.

Jika praktek keuangannya benar terjadi Menkop UKM Teten Masduki diminta mencabut keikutsertaan Esta Dana Ventura dalam program Bansos UKM.

Sebelumnya, Bupati Boltim mengaku menemukan program Bansos sebesar Rp 2,4 juta malah dimanfaatkan para pengusaha jasa keuangan, Esta Dana.

Baca juga : Update Terbaru ! LOGIN www.prakerja.go.id untuk Daftar Kartu Prakerja Gelombang 12 yang Dibuka 2021, Ini Syaratnya

Dradjad meminta agar  semua mitra Kemenkop UKM dalam program ini diinvestigasi. “Jika mereka melakukan praktek seperti Esta Dana, cabut keikutsertaannya.

Sanksi administrasi dan keuangan yang keras harus dijatuhkan kepada mereka,” kata Dradjad dalam pesan tertulisnya kepada republika.co.id, Ahad (27/12).

KPK dan Polri juga disarankan Dradjad untuk mengecek kemungkinan adanya  unsur korupsi atau pidana lainnya. Ini karena ada kaitan antara bansos dengan nasabah.

Perlu diperiksa apakah program bansos disalahgunakan sebagai alat pemasaran untuk menggaet nasabah.

“Periksa direksi Esta Dana, apakah model bisnis mereka memang menjadikan program pemerintah, dan otomatis dana APBN, sebagai alat pemasaran.

Birokrat Kemenkop UKM juga perlu diperiksa, apakah pemilihan mitra program bansos sesuai good governance,” papar politikus senior PAN ini.

Halaman: 1 2

Rekomendasi