in

Kawasan Kaukasus Bergejolak ! Potensi Perang Besar, Pertempuran di Nagorny-Karabakh Pecah !

Kementerian luar negeri Azerbaijan juga melaporkan “kerusakan parah menimpa banyak rumah dan infrastruktur sipil” yang menyebabkan korban jiwa dan luka.

Hajiyev juga mengklaim pihaknya telah merebut puncak Murovdag setinggi 3.000 meter yang strategis di Karabakh.

Gunung itu strategis, kata kepresidenan, karena membantu mengendalikan komunikasi dan transportasi antara Yerevan, ibu kota Armenia, dan daerah kantong yang dikuasai Armenia.

Dalam pidato yang disiarkan televisi kepada negara itu Minggu (27/9) pagi, Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev bersumpah akan mengalahkan pasukan Armenia.

“Tujuan kami adil dan kami akan menang,” cetus dia, “Karabakh adalah Azerbaijan.”

Merespons konflik bersenjata ini, Presiden Rusia Vladimir Putin membahas hal ini dengan Pashinyan dan menyerukan untuk “menyudahi permusuhan”.

“Pihak Rusia menyatakan keprihatinan serius atas meletusnya kembali bentrokan skala besar,” kata pernyataan Kepresidenan Rusia, Kremlin.

Sekutu Azerbaijan, Turki, menyalahkan Armenia atas gejolak tersebut dan berjanji memberikan “dukungan penuh” kepada pihak Baku, ibu kota Azerbaijan.

“Rakyat Turki seperti biasa akan mendukung saudara-saudara kami di Azerbaijan dengan segala cara,” Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berkicau lewat akun Twitter-nya.

Konflik Perbatasan
Perbandingan Kekuatan Senjata

Seruan Damai

Halaman: 2 3 4

Rekomendasi