in , , ,

Luar Biasa! Teknologi Charging Xiaomi 8 Menit Baterai Langsung Full!

Luar Biasa! Teknologi Charging Xiaomi 8 Menit Baterai Langsung Full!
Luar Biasa! Teknologi Charging Xiaomi 8 Menit Baterai Langsung Full!

FREEDAY, Jakarta – Xiaomi memamerkan teknologi fast charging atau pengisian cepat terbarunya. Setelah mengenalkan teknologi fast charging 120W bersama Mi 10 Ultra, kali ini vendor asal China ini mengenalkan teknologi fast charging 200W.

Teknologi yang diberi nama HyperCharge ini diklaim bisa mengisi penuh baterai 4.000 mAh dalam waktu delapan menit. Xiaomi mendemonstrasikan teknologi ini menggunakan Mi 11 Pro yang telah dimodifikasi dengan baterai 4.000 mAh.

Dalam video yang diunggah di Twitter, baterai Mi 11 Pro yang ditunjukkan berhasil mencapai kapasitas 50% dalam waktu tiga menit. Untuk mengisi penuh baterai hanya membutuhkan waktu kurang dari delapan menit.

Xiaomi juga mengenalkan teknologi wireless charging 120W yang diklaim bisa mengisi baterai 4.000 hingga penuh dalam waktu 15 menit tanpa menggunakan kabel. Ini merupakan penerus dari teknologi wireless charging 80W yang dikenalkan Xiaomi tahun lalu.

Masih menggunakan Mi 11 Pro yang telah dimodifikasi, teknologi wireless charging 120W milik Xiaomi bisa mengisi daya baterai hingga 50% dalam waktu tujuh menit, dan 100% dalam waktu 15 menit, seperti dikutip dari The Verge, Senin (31/5/2021).

Teknologi pengisian cepat memang menjadi salah satu area persaingan bagi vendor asal China. Selain Xiaomi, Oppo merupakan salah satu pelopor di area ini dengan teknologi VOOC.

Tahun lalu Oppo mendemonstrasikan teknologi fast charging 125W yang bisa mengisi baterai 4.000 mAh hingga penuh dalam waktu 20 menit. Tapi teknologi itu belum dipasarkan secara komersial karena ponsel flagship Oppo saat ini, Find X3 Pro, masih menggunakan teknologi 65W.

Teknologi fast charging yang ekstrem seperti ini biasanya menghasilkan panas yang berlebih dan membuat kualitas baterai cepat menurun. Dalam videonya, Xiaomi tidak menjelaskan apa langkah yang mereka ambil untuk mencegah efek samping ini.

Belum diketahui kapan Xiaomi akan meluncurkan ponsel yang mendukung fast charging 200W dan wireless charging 120W. Berdasarkan rumor terbaru, perusahaan besutan Lei Jun ini akan meluncurkan ponsel dengan fast charging 200W pada paruh kedua tahun ini.

Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengna judul “ Wusss…. Teknologi Charging Xiaomi 8 Menit Baterai Langsung Full “, https://inet.detik.com/consumer/d-5588669/wusss-teknologi-charging-xiaomi-8-menit-baterai-langsung-full

Rekomendasi