in , , ,

Masih Nambah Pinjaman Uang di Fintech Ilegal! Berikut ini Sederet Risikonya!

Masih Nambah Pinjaman Uang di Fintech Ilegal! Berikut ini Sederet Risikonya!
Masih Nambah Pinjaman Uang di Fintech Ilegal! Berikut ini Sederet Risikonya!

FREEDAY, Jakarta – Satuan Tugas (SATGAS)  Waspada Investasi (SWI) sudah menutup dan menghentikan lebih dari 1.200 fintech ilegal sepanjang 2020 hingga Februari 2021. Alasan penutupan tersebut karena tidak berizin sehingga berisiko menimbulkan kerugian bagi konsumen.

Vice President Digital Banking Development and Operation Division Bank Rakyat Indonesia Kholis Amhar menjelaskan, terdapat sejumlah risko yang akan dihadapi apabila terjebak dalam penggunaan fintech ilegal.

“Potensi masalah akibat fintech ilegal, misalnya karena adanya akuisisi dan merger menimbulkan adanya risiko data nasabah itu diperjualbelikan. Ada yang merger makanya ada risiko seperti itu,” ujar Kholis, Jakarta, Selasa (13/4/2021).

Baca juga :
PERHATIAN! Berikut 7 Tips Menghindari Pinjaman Online Ilegal

Kholis melanjutkan, potensi risiko selanjutnya adalah adanya kecurangan data (fraud) dan pelanggaran penggunaan data (breach). Hal ini karena banyak fintech yang tidak mengikuti aturan pendirian fintech.

“Kemudian masih terkait data adanya data fraud atau data breach. Fintech ilegal banyak yang tidak mengikuti code of conduct penyelenggaraan fintech. Sehingga banyak terjadi kasus fintech mengakses data nasabah berupa foto dan kontak,” jelasnya.

Risiko selanjutnya adalah penagihan yang tidak etis sesuai dengan kaidah penagihan perbankan. Apabila resiko-resiko ini dibiarkan maka bisa memunculkan ketidakpercayaan masyarakat terhadap layanan keuangan.

“Data nanti kemudian disalahgunakan atau digunakan untuk alat penagihan yang tidak etis. Perlindungan ke konsumen kurang bagus sehingga berpotensi menurunnya kepercayaan masyarakat terhadap layanan keuangan,” tandasnya.

Baca juga : Modus Baru Pinjol Abal-abal: Tiba-tiba Ditransfer dan Ditagih dalam Jumlah Besar, Begini Cara Melaporkannya

Waduh, 1.200 Fintech Ilegal Ditutup Sepanjang 2020!

Halaman: 1 2

Rekomendasi