in

OPPO Reno5 5G, Manjakan Pengguna Nikmati Jaringan Internet Ngebut 5G

Ketersediaan jaringan 5G akan meningkatkan kualitas internet jaringan seluler. Selain menjanjikan kecepatan akses lebih cepat dari 4G LTE, konektivitas 5G juga punya beberapa keunggulan lain.

Mengutip CNN, teknologi 5G memiliki bandwith yang lebih besar dari 4G LTE. Artinya, jaringan 5G dapat menampung lebih banyak koneksi perangkat dalam waktu bersamaan. Bandwidth besar jaringan 5G yang dihadirkan provider membuat koneksi internet tetap lancar meskipun banyak perangkat yang terhubung secara bersamaan di suatu area.

Kelebihan lain dari 5G, yakni latensi yang lebih rendah. Secara sederhana, pengertian latensi yakni waktu yang dibutuhkan server untuk merespon permintaan koneksi dari sebuah perangkat. Semakin rendah latensi jaringan, maka semakin cepat koneksi internet yang diterima perangkat.

Dengan bandwith besar dan latensi rendah, konektivitas 5G membuat akses internet kian lancar. Streaming video minim buffering, menjalankan game besar tak terinterupsi lag, serta pengendalian perangkat nirkabel melalui jaringan internet menjadi lebih responsif.

Untuk urusan kecepatan internet, jaringan 5G diperkirakan 10 hingga 10 kali lebih cepat ketimbang 4G LTE. Kecepatan tersebut tentunya bergantung pada kualitas infrastruktur dari provider internet seluler pada suatu wilayah.

Menurut laporan CNN, kecepatan jaringan 5G memungkinkan pengguna mengunduh film berdurasi 2 jam dengan kualitas menengah dalam waktu sekitar 10 detik saja. Jauh lebih cepat dibandingkan kecepatan unduhan dengan jaringan 4G LTE yang butuh waktu berkisar 7 menit.

OPPO telah mengembangkan teknologi 5G untuk ditanamkan dalam perangkat smartphone sejak awal tahun 2019. Pada Mei 2019, OPPO merilis produk smartphone 5G pertamanya untuk pasar Eropa. Sampai saat ini, OPPO masih cukup serius menggarap proyek pengembangan perangkat dengan dukungan 5G, melalui serangkaian kerja sama dengan berbagai perusahaan teknologi mumpuni.

Saat ini konektivitas 5G memang belum tersedia di Indonesia, tapi OPPO telah menyiapkan produk dengan kemampuan 5G. OPPO Reno5 5G salah satunya. Smartphone ini dilengkapi chipset Qualcomm Snapdragon 765G yang sudah dilengkapi kemampuan menangkap jaringan 5G.

Di OPPO Reno5 5G, pengguna dapat merasakan kecepatan akses internet lebih tinggi, mengunduh dengan sangat cepat, serta streaming video tanpa jeda.

Halaman: 1 2

Rekomendasi