in

Review ThinkPad E14 Gen 2, Tangguh Bertenaga Ryzen 5 4500U

FREEDAY – Review ThinkPad E14 Gen 2. Lini ThinkPad dari Lenovo dikenal sebagai laptop yang tangguh, dengan bodi kaku yang jadi ciri khasnya.

Namun meski bodinya kaku dan terkesan jadul, namun bukan berarti jeroannya tak terus diperbarui. Review ThinkPad E14 Gen 2. Contohnya adalah ThinkPad E14 Gen 2, yang menggunakan prosesor terbaru dari AMD, yaitu Ryzen 5 4500U, sebuah CPU yang punya enam core.

Review ThinkPad E14 Gen 2

Tertarik untuk membeli laptop ini? Simak dulu review di bawah.

Desain ringkas tapi cukup berat
Soal desain, ThinkPad sukses mempertahankan bentuk khasnya sampai sekarang. Bedanya, semakin ke sini laptop ThinkPad juga makin tipis dan lebih elegan. Begitu pun ThinkPad E14 Gen2 ini yang langsung terasa kesan elegannya ketika pertama kali melihat. Terutama berkat warna hitamnya yang khas.

Lenovo Thinkpad E14 Gen 2Lenovo Thinkpad E14 Gen 2 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Kesan elegan juga dipertegas oleh dimensinya yang cenderung tipis. Namun masih kalah tipis bila dibandingkan dengan laptop pesaing yang berada di rentang harga sama. Meski begitu, pengguna ThinkPad biasanya akan mengkompensasi hal ini karena lebih condong pada reliabilitas yang ditawarkan.

Beralih ke sisi dalam, ukuran layar seluas 14 inci dengan resolusi full HD (1.920 x 1.080 pixel). Meski punya layar 14 inch, bodi laptop ini terbilang tetap ringkas dan tak terasa besar.

Lenovo Thinkpad E14 Gen 2Lenovo Thinkpad E14 Gen 2 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Sementara pada bagian keyboard, lini ThinkPad memang dikenal punya keyboard khas yang menurut saya sangat nyaman digunakan. Ukurannya pas, dengan key travel yang sangat nyaman saat dipakai. Oh ya, keyboard ini juga dilengkapi dengan backlit, lengkap dengan tombol TrackPoint khas lini ThinkPad.

Bobot laptop ini cukup berat untuk sebuah laptop 14 inch, yaitu sekitar 1,6kg. Dan sayangnya, chargernya masih seperti ThinkPad seri sebelumnya yang terbilang bulky, dan kabel tambahan yang cukup merepotkan.

Prosesornya kencang!
Seperti ditulis di awal, laptop ini menggunakan Ryzen 5 4500U, punya enam core dengan kecepatan dasar 2,3GHz, dan bisa meningkat sampai 4GHz pada mode turbo.

Sayangnya prosesor ini tidak memiliki fitur SMT (Simultaneous Multi-Threading) yang mampu menggandakan jumlah thread.

Halaman: 1 2 3

Rekomendasi