in , ,

Seperti ini Cara Cek Kepesertaan BPJS Agar Tidak Dibekukan

Cek Kepesertaan BPJS
Seperti ini Cara Cek Kepesertaan BPJS Agar Tidak Dibekukan

FREEDAY — BPJS Kesehatan tengah memeriksa kelengkapan data peserta Jaminan Kesehatan Nasional- Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Peserta yang pada Minggu 1 November 2020 belum lengkap datanya akan dinonaktifkan atau dibekukan sementara. Karena itu penting untuk mengetahui cara cek kepesertaan BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan sendiri telah meminta peserta mengecek status kepesertaan. Selain itu, golongan Pekerja Penerima Upah Penyelenggara Negara (PPU PN) dan Bukan Pekerja (BP) diminta melakukan registrasi ulang mulai 1 November 2020. Pendaftaran ulang itu ditujukan bagi peserta golongan PPU PN dan BP yang belum mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Baca juga : Link Pendaftaran di 32 Kabupaten/Kota dan Cara Daftar Bantuan BLT Banpres UMKM Rp 2,4 Juta Tahap II !

“Per 1 November 2020 pemerintah berencana melakukan program registrasi ulang (Gilang) bagi sebagian peserta JKN-KIS dari segmen Pekerja Penerima Upah Penyelenggara Negara dan Bukan Pekerja karena datanya belum terisi dengan NIK,” ujar Kepala Humas BPJS Kesehatan M Iqbal Anas Ma’ruf dalam keterangan resmi, Jumat (30/10).

Cara Cek Kepesertaan BPJS

Sejumlah cara bisa dilakukan untuk cek status kepesertaan BPJS Kesehatan, seperti berikut:

1. Aplikasi JKN

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengecek status kepesertaan BPJS Kesehatan adalah dengan mengakses aplikasi ‘Mobile JKN’ yang tersedia bagi pengguna ponsel Android maupun iOS.

Pastikan Anda bisa registrasi dengan menggunakan nomor BPJS Kesehatan yang tertera di Kartu Indonesia Sehat Anda. Di aplikasi, Anda bisa cek kepesertaan Anda di menu ‘Peserta’.

Baca juga : Facebook Guyur Bantuan Rp 31 Juta Buat Setiap UKM, Simak Syarat dan Cara Daftarnya ! Jauh Lebih Besar dari Banpres Rp 2,4 Juta !

Halaman: 1 2

Rekomendasi