in , ,

Simak ! 3 Bansos Ini Siap Meluncur Awal Januari 2021 !

Simak ! 3 Bansos Ini Siap Meluncur Awal Januari 2021 !
Simak ! 3 Bansos Ini Siap Meluncur Awal Januari 2021 !

FREEDAY, JAKARTA – Menteri Sosial Tri Rismaharini memastikan ada tiga jenis bantuan sosial (bansos) yang siap didistribusikan mulai Januari 2021.

Ketiga bansos tersebut, yaitu Kartu Sembako/Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bansos Tunai (BST).

Untuk keperluan itu, Risma sudah menginstruksikan jajarannya di Kemensos untuk bekerja non stop. Hal ini untuk memastikan ketiga bansos dapat disalurkan serentak ke seluruh Indonesia.

 “Kita tidak ada libur. Sesuai dengan instruksi Bapak Presiden, minggu pertama bulan Januari bantuan ini sudah bisa diberikan kepada penerima manfaat (KPM),” kata Risma seperti dikutip dalam siaran pers, Kamis (31/12/2020).

Baca juga : Seperti ini 7 Langkah Cepat Dapat Bansos Rp300 Ribu dari Kemensos, Cek di Sini!

Risma menuturkan Kemensos tengah koordinasi intensif untuk finalisasi data KPM dengan pemerintah daerah. Dia mendorong agar data dari pemerintah agar segera tuntas dikirimkan ke pusat.

Pasalnya, data penerima bansos harus kembali ke pemerintah pusat pada 1 Januari 2021.

Walikota Surabaya itu mengatakan ada kebutuhaan untuk segera mencairkan bansos kepada KPM di daerah karena dana bansos berdampak signifikan terhadap perputaran roda perekonomian.

“Misalkan bansos sembako itu rata-rata 1 bulannya senilai Rp3,76 triliun. Kalau dibagi 514 kabupaten/kota, kurang lebih ada sekitar Rp60 miliaran di daerah. Jadi membantu perekonomian di daerah supaya tidak turun,” imbuhnya.

Risma mengaku siap bekerja sama dengan PT Pos Indonesia untuk menyalurkan bansos ke daerah.

Halaman: 1 2

Rekomendasi