in

Solusi HP Tidak Bisa Di-charge

FREEDAY– Solusi HP Tidak Bisa Di-charge. HP tidak bisa di-charge bisa jadi urusan yang bikin pusing kepala. Maklum, baterai HP sangat penting untuk membuat ponsel tetap bisa menyala dan menjalankan fungsinya. Tapi bagaimana cara mengatasi HP yang tidak bisa di-charge?

Solusi HP Tidak Bisa Di-charge

Ada beberapa masalah yang mungkin terjadi, perangkat tidak bisa diisi sama sekali atau mungkin pengisian daya sangat lambat. Jika kamu mengalami salah satu masalah ini, mengutip Android Authority, Sabtu (12/12/2020) ini beberapa cara untuk mendiagnosis masalah baterai dan membantu kamu untuk memperbaiki masalah tersebut.

1. Download ‘Ampere’

Aplikasi Ampere bisa memeriksa apakah ponsel sedang diisi dan berapa banyak daya yang diisi. Ini pada dasarnya mengidentifikasi berapa banyak arus yang ditarik dari perangkat saat mengisi daya. Tapi aplikasinya tidak hanya bisa melihat apakah ponsel sedang mengisi atau tidak, tapi juga untuk melihat metode pengisian mana yang terbaik.

Jika nomor di aplikasi berwarna hijau, perangkat sedang mengisi daya, tetapi jika angka minus oranye, perangkat kamu sedang menggunakan daya.

2. Coba charge dari sumber berbeda

Sangat mungkin bahwa ponsel atau pengisi daya sebenarnya bukan masalahnya, melainkan stop kontak yang kamu gunakan untuk mengisi daya. Jika kamu mencoba mengisi daya dari dinding, coba soket lain atau isi daya langsung dari komputer.

3. Cek kabel charging

Ada dua komponen yang harus kamu periksa yaitu adaptor dinding dan kabel pengisi daya. Kabel pengisian daya sejauh ini merupakan masalah pengisian daya yang paling umum karena aktivitas tidak disengaja yang tanpa disadari dapat merusak kabel. Coba gunakan kabel charging yang lain untuk memastikannya.

4. Matikan ponsel

Jika kamu memainkan game dengan grafis yang intensif saat mencoba mengisi daya ponsel, ada kemungkinan ponsel menggunakan daya lebih cepat daripada mendapatkannya, membuatnya tampak seperti tidak sedang mengisi daya. Jika kamu mematikan ponsel saat sedang mengisi daya (atau setidaknya mematikan layar), kecil kemungkinan perangkat kamu menggunakan daya terlalu banyak. Bahkan hanya beralih ke mode pesawat bisa sangat mempercepat waktu pengisian, loh.

5. Ganti baterai

Jika kamu sudah disampai pada titik di mana baterai selalu habis, mungkin sudah waktunya untuk berpikir untuk membeli ponsel baru. Jika itu bukan pilihan, mengganti baterai dapat membantu.

6. Update Operating System (OS)

Perubahan pada software yang dipakai di perangkat dapat memiliki efek yang lebih besar pada masa pakai baterai daripada yang kamu kira. Ponsel sudah jadul terkadang tidak bisa menangani software terbaru dan bagaimana cara software tersebut mempengaruhi daya tahan baterai.

sumber; inet.detik.com

Rekomendasi