in , ,

Tahukah Anda, ada PROFESI penambang BITCOIN ? seperti ini kerjanya !

Tahukah Anda, ada PROFESI penambang BITCOIN ? seperti ini kerjanya !
Tahukah Anda, ada PROFESI penambang BITCOIN ? seperti ini kerjanya !

FREEDAY, Jakarta – Hiruk pikuk mata uang Kripto semakin menjadi ! Dalam dunia uang kripto bitcoin, ada aktivitas mining atau menambang yang dilakukan oleh para miners atau penambang. Peran miners dan fungsi mining ini ternyata belum diketahui banyak orang.

CEO Indodax Oscar Darmawan sekaligus praktisi bitcoin mengatakan, miners berperan dalam menjalankan server bitcoin, dan selama melakukan itu mereka mendapat bitcoin dan mata uang kripto lainnya atau biasa disebut alternative coin (altcoin), seperti ethereum, litecoin, bitcoin cash, dan sebagainya.

Miners yang menjalankan server bitcoin berperan untuk memverifikasi transaksi bitcoin. Ketika seseorang memiliki bitcoin, maka orang itu harus memiliki dompet digital atau wallet. Jika sudah memiliki wallet, maka sistem bitcoin akan memberikan identitas pada wallet orang tersebut, yakni kode pribadi dan kode publik.

Setiap transaksi bitcoin, seperti menjual bitcoin atau berbelanja dengan bitcoin, kode pribadi itu akan dikirimkan kepada pembeli (apabila menjual bitcoin) atau dikirimkan kepada penjual (apabila berbelanja menggunakan bitcoin).

Nah, ketika kode pribadi itu dikirimkan, harus ada proses verifikasi dari mining bitcoin. Pada saat itulah miners bekerja, dan mendapat imbalan bitcoin dan altcoin.

Baca juga : Bitcoin anjlok 5% dan kembali ke bawah US$ 30.000 Kemaren (22/1) !

“Penambangan atau mining bitcoin adalah proses memverifikasi transaksi bitcoin dan menciptakan bitcoin baru. Jadi, miners adalah orang-orang yang menambang bitcoin dan altcoin mendapatkan supply dari bitcoin dan biaya transfer saat bitcoin dikirimkan,” kata Oscar kepada detikcom, Kamis (28/1/2021).

Oleh karena itu, miners punya peran penting dalam bitcoin. Oscar mengatakan, miners tidak bisa disebut sebagai pencuri bitcoin.

“Miner itu yang menjalankan server bitcoin, hacker yang pencuri,” tegas dia.

Akan tetapi, untuk menjadi miners bitcoin diperlukan komputer berteknologi tinggi, jaringan internet yang kuat, dan juga listrik yang cukup besar. Untuk memenuhi itu semua, modalnya pun tak sedikit, bahkan bisa dibilang fantastis.

Halaman: 1 2

Rekomendasi