in

TANAMAN MAHAL : Alasan Harga Janda Bolong Bisa Tembus Ratusan Juta Rupiah

janda bolong
TANAMAN MAHAL : Alasan Harga Janda Bolong Bisa Tembus Ratusan Juta Rupiah

FREEDAY – Akhir-akhir ini tanaman hias jenis monstera atau yang dikenal dengan Janda Bolong tengah ngetren, khususnya di kalangan penggemar tanaman hias.

Salah seorang penjual tanaman hias di Bogor, Fauzi mengatakan, tanaman hias yang berjenis monstera atau bisa merambat di pelataran rumah itu saat ini harganya melambung tinggi. Hal itu karena sedang booming di masyarakat, khususnya kalangan menengah ke atas.

“Memang saat ini banyak yang mencari tanaman hias itu (Janda Bolong), karena bisa menghiasi rumah, rata-rata pemiliknya itu kalangan menengah ke atas,” ujar Fauzi yang merupakan warga Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat saat dihubungi Minggu (27/9/2020).

Menurutnya, tren tanaman hias Janda Bolong bukan hanya terjadi di Bogor saja, melainkan hampir di semua daerah di Indonesia.

Melambungnya harga Janda Bolong itu dipicu karena di pelataran rumah-rumah elit di Bogor hampir menanam tanaman yang berasal dari Amerika Tengah tersebut.

“Saya juga punya waktu itu Janda Bolong yang memang harganya lumayan, saya jual Rp 10 juta per satu daun, dan itu sudah lama pas bulan Juni kemarin (2020),” ungkapnya.

Ia menjelaskan, ada berbagai jenis tanaman Janda Bolong yang saat ini menjadi tren di masyarakat pada umumnya yakni jenis Adamsoni, Variegate, obliqula, Siltepecana, dan deliciosa.

“Tapi yang mahal itu ya Obliqula sampai ratusan juta rupiah, bayangkan saja per satu daunnya juga harganya Rp 5 sampai Rp 10 juta,” katanya.

Namun, kata Fauzi, saat ini banyak jenis tanaman Janda Bolong yang KW alias tidak murni yang ada di penjual tanaman hias. Ia menyebutkan harganya juga sangat terjangkau kisaran Rp 30-Rp 50 ribu per satu lembarnya.

“Kalau Janda Bolong yang OBLIQULA itu langka sekarang, di grup tanaman hias Bogor juga paling bisa di hitung jari, tapi yang KW banyak, di saya juga ada,” katanya lagi.

Halaman: 1 2

Rekomendasi