in

TIPS : 5 Cara Aman Memencet Jerawat untuk Hindari Infeksi

JERAWAT
TIPS : 5 Cara Aman Memencet Jerawat untuk Hindari Infeksi

Jakarta, FREEDAY — Rasa gemas kerap muncul tiap kali melihat jerawat di wajah. Sering kali tangan selalu ingin untuk memencet jerawat yang mengganggu. Ada beberapa cara memencet jerawat agar tetap aman untuk kulit.

Dengan memencetnya, orang-orang berharap agar jerawat segera pergi dan tidak meninggalkan rasa sakit yang terlalu lama. Namun, pada kenyataannya, sering kali memencet jerawat cenderung membawa dampak negatif untuk kulit.

“Jika [memencet jerawat] tidak dilakukan dengan benar, itu dapat memperburuk situasi,” ujar ahli dermatologi Tsippora Shainhouse, mengutip She Knows.

Saat jerawat dipencet, akan timbul rasa sakit dan pembuluh darah melebar sehingga menarik cairan serta sel darah putih ke area jerawat. Akibatnya, jerawat jadi lebih besar, merah, dan menonjol.

Jerawat yang pecah di bawah permukaan kulit akan memicu infeksi lokal dengan kemunculan kemerahan, bengkak, dan lunak selama berhari-hari. Selain itu, kondisi yang belum tentu higienis akan membuat bakteri lain masuk ke dalam jerawat dan menimbulkan infeksi sekunder.

Ada beberapa cara aman memencet jerawat yang bisa Anda perhatikan, seperti berikut.

1. Jenis jerawat yang bisa dipencet

Tidak semua jerawat bisa Anda pencet sembarangan. Jerawat yang layak dipencet hanya komedo putih kecil, komedo hitam, dan postulat yang merah dengan gumpalan putih di tengah.

Sedangkan jerawat yang merah tanpa gumpalan putih tidak boleh disentuh, apalagi dipencet. Jerawat seperti ini menandakan kotoran yang masuk ke dalam pori-pori.

2. Wajah dalam kondisi bersih

Halaman: 1 2

Rekomendasi