in

WASPADA! BELUM ADA TAHAP 3, ADANYA TAHAP 2 BELUM BERES! Seperti ini Penjelasan KEMENKOP!

JAKARTA — Waspada dengan pengumuman BLT UMKM tahap 3, ternyata Kemenkop UKM belum membuka gelombang itu.

Deputi Bidang Usaha Mikro KemenkopUKM Eddy Satriya mengatakan, penyaluran BLT UMKM tersebut merupakan penyaluran tahap pertama dari 2 tahap yang direncanakan. Sedangkan untuk tahap kedua masih sedang dalam persiapan.

Berdasarkan hasil keputusan rapat KCPEN Maret lalu, direncanakan dana sebesar Rp15,36 triliun untuk BLT UMKM ini. Dari jumlah tersebut, sebesar Rp11,76 triliun sudah dibagikan kepada 9,8 juta penerima.

Masih ada Rp3,6 triliun yang rencananya akan diberikan pada 3 juta penerima. Diharapkan 3 juta ini penerima inilah yang akan masuk dalam BPUM tahap 2. Namun, keputusan ini masih menunggu kepastian anggaran Kementerian Keuangan.

“Belum ada tahap 3, adanya tahap 2, sekarang masih persiapan. BPUM tahap 1 telah dituangkan dalam SK kami dan saat ini masih dalam proses pencairan dari bank-bank penyalur, BNI, BRI, dan bank syariah. Besarnya Rp1,2 juta per pelaku usaha dan sekali bayar untuk tahun ini,” ujar Eddy.

Sebuah unggahan di Facebook menyebarkan link atau tautan daftar penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau Bantuan Langsung Tunai – BLT UMKM tahap 3.

Link dan narasi serupa juga diunggah oleh akun lain yang menyebut bahwa pencarian BPUM kini bisa dilakukan melalui agen.

Dari konfirmasi tim cek fakta Kompas.com, informasi tersebut tidak benar .

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Kemenkop UKM Anang Rachman mengatakan, belum ada pendaftaran dan pencairan BPUM tahap 3.

Narasi yang beredar Informasi yang menyertakan link pendaftaran dan pencairan BPUM tahap 3 diunggah oleh akun Facebook Vanesya di grup Informasi seputar PKH & Bansos.

Halaman: 1 2 3

Rekomendasi