in

Yang kaya makin kaya: Jeff Bezos toreh sejarah, nilai kekayaan tembus Rp 2.197 T

Jeff Bezos

FREEDAY – NEW YORK. Jeff Bezos adalah perwujudan nyata dari pepatah lama bahwa “yang kaya semakin kaya”. Pasalnya, per Rabu (27/8/2020), nilai  kekayaan bersih pendiri Amazon ini melampaui angka US$ 200 miliar atau Rp 2.917 triliun (kurs Rp 14.700) untuk pertama kalinya.

Melansir CBS News, kekayaan pribadi Bezos naik ke level yang mengejutkan saat ini karena harga saham perusahaan e-commerce mencapai rekor tertinggi seharga US$ 3.438 per saham.

Data Forbes menunjukkan, Amazon adalah saham berkinerja terbaik di S&P 500 pada hari Selasa dengan mencatat kenaikan 4,1%. Saat itu, nilai kapitalisasi pasar Amazon mencapai US$ 1,66 triliun.

Alhasil, nilai kekayaan Bezos yang memiliki 11,1% saham di Amazon melonjak US$ 7,2 miliar.

Masih melansir CBS News, menurut Bloomberg Billionaire Index, pada saat yang sama, reli saham Tesla telah mendorong kekayaan bersih CEO Elon Musk di atas US$ 100 miliar.

Peningkatan kekayaan terutama terlihat di ujung atas indeks dan sebagian besar didorong oleh reli di saham-saham teknologi, karena virus korona mendorong konsumen untuk melakukan lebih banyak pembelian secara online.

Mark Zuckerberg dari Facebook, misalnya, juga mencatatkan kekayaan bersihnya melebihi US$ 100 miliar bulan ini.

Ketimpangan pendapatan yang semakin melebar telah memicu upaya untuk membatasi kesenjangan oleh anggota parlemen progresif termasuk Senator Bernie Sanders, yang bulan ini mengusulkan undang-undang untuk mengenakan pajak atas perolehan kekayaan “ekstrem” di tengah pandemi yang sedang berlangsung.

Bezos, yang memulai Amazon pada tahun 1994, telah menjadi orang terkaya di planet ini sejak 2017.

Pendiri Microsoft Bill Gates adalah orang terkaya kedua di dunia, setelah mengumpulkan kekayaan pribadi sekarang senilai US$ 124 miliar. CEO Apple Tim Cook baru-baru ini menjadi miliarder karena harga pasar perusahaannya – yang paling berharga di planet ini – melonjak menjadi US$ 2 triliun. Kekayaan bersih Cook bahkan tidak mencapai seperempat dari daftar miliarder dalam daftar paling bawah Bloomberg, yakni industrialis India Vikram Lal, yang kekayaan pribadinya diperkirakan mencapai US$ 4,5 miliar. (IKC)

Rekomendasi